UMPAN BALIK ONLINE PADA BAGIAN PENYELENGGARA PELATIHAN DI PUSDIKLAT PT KAI
Abstrak
Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Perseroan Terbuka (PT) Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan tempat pendidikan dan pelatihan dibidang perkertaapian yang terakreditasi. Pusdiklat PT KAI masih menggunakan formulir manual yang mengakibatkan berbagai macam permasalahan yang timbul diantaranya, penggunaan kertas yang cukup banyak, human error (kesalahan manusia) dan perhitungan formulir manual menambah permasalahan dari segi waktu. Umpan balik dipergunakan untuk mendapatkan penilaian dari siswa, Umpan balik merupakan informasi tentang pendapat seseorang untuk menilai sesuatu hal kepada pihak yang dinilainya, umpan balik bisa bernilai positif maupun negatif tergantung dari hasil kinerja pihak yang dinilainya. Hasil dari penilaian tersebut bisa menjadi acuan untuk tindak lanjut apakah perlu adanya perbaikan atau tidak. Perhitungan evaluasi kepuasan siswa menggunakan perhitungan skala likert. Skala Likert adalah suatu skala yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang dalam bentuk kuesioner atau survei tentang fenomena sosial. Metode pengembangan untuk aplikasi yang dibangun menggunakan metode waterfall, dirancangan menggunakan diagram Unified Modelling Language (UML), dan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter.