PROMOSI PENJUALAN PRODUK SEPATU CARDINAL PADA SAAT MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI PT MULTI GARMEN JAYA
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di PT Multi Garmen Jaya merupakan perusahaan di bidang fashion dengan berbagai macam produk. Salah satu merk yang terkenal secara luas dari adalah Cardinal yang melakukan penjualan produk tersebut melalui penjualan offline maupun penjualan online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis promosi penjualan produk sepatu cardinal pada saat menjelang hari raya idul fitri melalui marketplace shopee di PT Multi Garmen Jaya. Hal ini dilakukan karena pada saat menjelang idul fitri penjualan produk sepatu cardinal tidak mengalami peningkatan penjualan secara signifikan, bahkan jumlah penjualannya tidak jauh berbeda dengan penjualan di bulan-bulan sebelumnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumenter, dan studi literasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi promosi untuk meningkatkan penjualan melalui marketplace shopee dengan memberikan promo voucher yang dimulai dari awal bulan Ramadhan serta dengan menambah jumlah stok sepatu menjelang bulan Ramadhan agar dapat memenuhi semua permintaan pelanggan.