PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN

  • Tuti Sulastri Institut Digital Ekonomi LPKIA
Kata Kunci: gaya kepemimpinan transformasional, kinerja karyawan

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh gaya kepemimpinan transformational yang terdiri dari karisma, Motivasi Inspiratif, Stimulasi Intelektual, pertimbangan individu, 2) Kinerja Karyawan yang terdiri dari Hasil kerja, pengetahuan   pekerjaan, inisiatif, sikap, disiplin waktu dan disiplin       di Klinik Akupunktur dr. Felesia Fanty Bandung.

Sampel penelitian berjumlah 12 orang, karena jumlah populasi tidak banyak maka digunakan teknik sample jenuh (sensus), dimana. seluruh populasi. digunakan sebagai sample.

Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: Gaya Kepemimpinan. Transformasional berpengaruh signifikan. terhadap Kinerja. Karyawan, karena pada pengujian hipotesis menunjukkan hasil signifikan dengan nilai t hitung 2,784 > t tabel 2,228. Gaya Kepemimpinan Tranformasional memberi kontribusi kepada Kinerja Karyawan sebesar 66,10% berdasarkan uji korelasi, 43,70% berdasarkan koefisien determinasi dan sisanya dipegaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja karyawan secara positif baik secara langsung maupun tidak langsung.

Diterbitkan
2023-12-15