http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jti/issue/feed Jurnal Teknologi Informasi 2025-01-18T04:29:22+00:00 Muhtarudin muhtar@fellow.lpkia.ac.id Open Journal Systems Jurnal Teknologi Informasi http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jti/article/view/517 P PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PADA PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY-ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (F-AHP) (STUDI KASUS : PT. GAJAH MITRA PARAGON) 2025-01-18T04:26:38+00:00 Erwin Teguh Arujisaputra erwin.teguh.a@gmail.com Patar Yohanes 210534008@fellow.lpkia.ac.id <p>Kinerja karyawan merupakan hal yang penting bagi perusahaan, kinerja karyawan perlu dinilai untuk mencapai salah satu tujuan manajemen.&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penilaian kinerja karyawan di PT Gajah Mitra Paragon membutuhkan pengembangan agar hasil dari penilaian lebih cepat diterima oleh manajemen sebagai pengambil keputusan, ketika hasil secara dini diterima maka penentuan karyawan untuk mendapat <em>Reward</em> ketika hasil penilaian baik, dan menerima evaluasi atau mutasi karena hasil penilaian kurang baik. Penerapan Sistem Pendukung Keputusan pada penilaian kinerja karyawan menggunakan logika <em>Fuzzy-Analytyc Hierarchy Process</em> (F-AHP) yang merupakan metode analisis yang digunakan dalam menangani kriteria kualitatif dan kuantitatif pada <em>Multi Criteria Decision Making</em> (MCDM) .</p> <p>Hasil analisis menyebutkan bahwa diperlukan aplikasi untuk penilaian kinerja karyawan dengan penentuan kriteria,bobot dan penginputan penilaian terkomputerisasi dengan hasil atau output yang lebih cepat.</p> <p>Setelah dilakukam implementasi dapat diambil kesimpulan bahwa aplikasi penilaian kinerja karyawan ini sangat mempermudah perusahaan dalam mendapatkan hasil penilaian kinerja terhadap karyawan, perusahaan dapat mengetahui dengan pasti karyawan terbaik sekaligus karyawan yang harus mendapat evaluasi karena hasil penilaian kurang memuaskan. Walaupun dengan metode <em>Fuzzy-Analytyc Hierarchy Process</em> (F-AHP) ini masih bisa di kembangkan atau diganti dengan metode yang lain dengan tujuan yang sama.</p> <p><strong><em>Kata kunci : </em></strong>Sistem Informasi, Karyawan Terbaik, SPK, Fuzzy AHP</p> 2025-01-18T04:22:02+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jti/article/view/519 PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE BLUE OCEAN STRATEGY PADA PT. HADTEX 2025-01-18T04:27:29+00:00 Tri Ramdhany tri@lpkia.ac.id Dani Platini Ramdani dani@fellow.lpkia.ac.id <ol> <li class="show">Hadtex (Hasil Damai Textile) adalah pabrik / produsen, pemasok (supplier) dan pengekspor terkemuka nonwoven spunbond, serat stapel regenerasi polyester, serpihan / cacahan botol PET dan benang pintal (benang spun) PET daur ulang. Dengan bertambahnya pertumbuhan perusahaan-perusahaan sejenis, mengakibatkan adanya penurunan jumlah omset PT. Hadtex, Saat ini PT. Hadtex telah menggunakan sistem informasi dan teknologi informasi dalam proses bisnisnya, namun keberadaan sistem informasi dan teknologi informasi yang belum terintegrasi menjadi kendala dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Kendala lain yang belum terencana pembangunan sistem informasi dan teknologi informasi secara rinci.</li> </ol> <p>&nbsp;</p> <p>Pada penelitian ini akan dibuat perencanaan strategi SI/TI dilakukan dengan melakukan analisa lingkungan internal bisnis dan ekternal bisnis disertai analisa internal dan eksternal SI/TI dengan tools SWOT, PEST, Five Forces, Value Chain, Critical Succes Factor, McFarlan Grid. Hasil Analisis tersebut mengahasilkan usulan strategi bisnis menggunakan kerangka kerja empat langkah Blue Ocean Strategy. Diantaranya pergantian bahan baku utama yaitu kapas diganti dengan limbah botol plastik yang berdampak mengurangi biaya produksi, sehingga perusahaan&nbsp; mampu bersaing dalam harga dan kualitas. Dan dapat digunakan untuk menyusun strategi manajemen SI/TI, strategi bisnis SI dan strategi TI dengan menyusun portofolio aplikasi di masa mendatang, aplikasi yang termasuk high potensial adalah e-commerce yang berfungsi untuk memperkenalkan dan menawarkan produk, menjual produk, dan melayani pelanggan.</p> 2025-01-18T04:22:31+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jti/article/view/520 RENCANA STRATEGI SISTEM INFORMASI PEMASARAN MENGGUNAKAN CRITICAL SUCCESS FACTOR PADA DEPARTEMEN PEMASARAN DI HOTEL XYZ BANDUNG 2025-01-18T04:27:57+00:00 SRI KURNIASIH sri.kurniasih@lpkia.ac.id Syafna Mayshanda Putri syafnaputri05@gmail.com Muhtarudin Muhtarudin muhtar@lpkia.ac.id <p>Hotel merupakan salah satu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menyediakan jasa penginapan dan fasilitas lainnya. Namun saat ini keberadaan hotel sudah berkembang sebagai kebutuhan lainnya seperti terdapat tempat hiburan, <em>meeting room</em>, kegiatan sosial, olahraga dan lainnya. Hotel XYZ merupakan hotel bintang empat yang sudah berdiri sejak 1995. Meskipun sudah berdiri sejak lama, tetapi masih terdapat permasalahan seperti belum optimalnya fungsi teknologi dan sistem informasi dalam mendukung kegiatan proses bisnis hotel dan manfaat SI sebagai alat strategis dalam mendukung keputusan. Kini, Hotel XYZ perlu merencanakan strategi SI/TI yang bisa mengintegrasikan beberapa divisi yang ada dalam memenuhi kebutuhan proses bisnisnya sehingga diharapkan mampu membantu pihak hotel dalam memenuhi kebutuhan informasi dan kemudahan dalam bisnis nya. Rencana strategi SI/TI yang peneliti lakukan, terdapat pada divisi pemasaran menggunakan &nbsp;<em>Critical Success Factor</em> (CSF). Hasil penelitian ini adalah rumusan CSF strategis sistem informasi yang mengacu pada rencana bisnis organisasi Hotel XYZ, berdasarkan data yang diperoleh melalui analisis yang digunakan serta melibatkan seluruh komponen organisasi. Dengan tujuan agar sistem informasi dapat digunakan sebagai salah satu alat pendukung keberhasilan Hotel XYZ dan mampu mengatasi permasalahan yang ada di Hotel XYZ diantaranya dalam memperluas kerja sama dengan mitra dan &nbsp;melakukan promosi secara luas serta usulan beberapa portofolio aplikasi sebagai rencana pengembangaan SI/TI.</p> 2025-01-18T04:22:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jti/article/view/535 PERANGKAT LUNAK PRESENSI FOTO DAN GEO LOCATION BERBASIS PROGRESSIVE WEB APP 2025-01-18T04:28:25+00:00 Assyfa Ibnu Sehab 220414021@fellow.lpkia.ac.id Rudy Sofian rudysofian@lpkia.ac.id Wahyu Nurjaya WK wahyunwk@lpkia.ac.id Andy Victor Pakpahan abang@lpkia.ac.id Fahmi Reza Ferdiansyah fahmirezaf@lpkia.ac.id <p>Perkembangan teknologi informasi menuntut perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional, termasuk dalam sistem presensi karyawan. Metode presensi konvensional memiliki kelemahan seperti risiko manipulasi data dan kesulitan pemantauan real-time. PT. Primasaga Sinergia Indonesia menghadapi tantangan ini dengan sistem presensi manual yang tidak efisien. Penelitian ini merancang dan mengembangkan sistem informasi presensi berbasis PWA (Progressive Web App) dengan fitur foto dan geolocation untuk mengatasi masalah tersebut. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan akurasi dan efisiensi presensi, serta memberikan kemudahan pemantauan bagi manajemen. Hasilnya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan presensi karyawan PT. Primasaga Sinergia Indonesia.</p> 2025-01-18T04:23:51+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jti/article/view/538 Perangkat Lunak Sistem Reservasi dan Pengelolaan Kunjungan pada Museum COVID-19 2025-01-18T04:28:56+00:00 Andy Victor Pakpahan abang@lpkia.ac.id Rudy Sofian rudysofian@lpkia.ac.id Dede Abdur Rafi Fauzan rafifauzan1597@gmail.com Fahmi Reza Ferdiansyah fahmirezaf@lpkia.ac.id Doni Doni doni@lpkia.ac.id <p class="p1">Museum Galeri Arsip COVID-19, yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat, menghadapi berbagai kendala dalam pengelolaan kunjungan dan reservasi yang masih dilakukan secara manual. Proses ini sering kali menyebabkan kesalahan pencatatan data pengunjung, antrian panjang, serta kesulitan dalam pengaturan jadwal kunjungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem reservasi dan pengelolaan kunjungan berbasis web, guna mengoptimalkan efisiensi operasional museum. Metode Agile digunakan dalam proses pengembangan perangkat lunak yang terdiri dari beberapa iterasi, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, hingga pengujian menggunakan metode Black Box Testing. Sistem ini dibangun menggunakan Laravel sebagai framework PHP, dengan MySQL sebagai basis data, serta didukung fitur seperti manajemen reservasi, laporan pengunjung, dan umpan balik pengguna. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa sistem dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan reservasi, menyediakan laporan pengunjung yang terstruktur, dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. Implementasi sistem ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam digitalisasi manajemen kunjungan museum dan memberikan kontribusi positif terhadap pengelolaan data pengunjung secara keseluruhan</p> 2025-01-18T04:24:27+00:00 ##submission.copyrightStatement##