Abstrak

Hotel merupakan salah satu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial dengan menyediakan jasa penginapan dan fasilitas lainnya. Namun saat ini keberadaan hotel sudah berkembang sebagai kebutuhan lainnya seperti terdapat tempat hiburan, meeting room, kegiatan sosial, olahraga dan lainnya. Hotel XYZ merupakan hotel bintang empat yang sudah berdiri sejak 1995. Meskipun sudah berdiri sejak lama, tetapi masih terdapat permasalahan seperti belum optimalnya fungsi teknologi dan sistem informasi dalam mendukung kegiatan proses bisnis hotel dan manfaat SI sebagai alat strategis dalam mendukung keputusan. Kini, Hotel XYZ perlu merencanakan strategi SI/TI yang bisa mengintegrasikan beberapa divisi yang ada dalam memenuhi kebutuhan proses bisnisnya sehingga diharapkan mampu membantu pihak hotel dalam memenuhi kebutuhan informasi dan kemudahan dalam bisnis nya. Rencana strategi SI/TI yang peneliti lakukan, terdapat pada divisi pemasaran menggunakan  Critical Success Factor (CSF). Hasil penelitian ini adalah rumusan CSF strategis sistem informasi yang mengacu pada rencana bisnis organisasi Hotel XYZ, berdasarkan data yang diperoleh melalui analisis yang digunakan serta melibatkan seluruh komponen organisasi. Dengan tujuan agar sistem informasi dapat digunakan sebagai salah satu alat pendukung keberhasilan Hotel XYZ dan mampu mengatasi permasalahan yang ada di Hotel XYZ diantaranya dalam memperluas kerja sama dengan mitra dan  melakukan promosi secara luas serta usulan beberapa portofolio aplikasi sebagai rencana pengembangaan SI/TI.