PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE BLUE OCEAN STRATEGY PADA PT. HADTEX
Abstrak
- Hadtex (Hasil Damai Textile) adalah pabrik / produsen, pemasok (supplier) dan pengekspor terkemuka nonwoven spunbond, serat stapel regenerasi polyester, serpihan / cacahan botol PET dan benang pintal (benang spun) PET daur ulang. Dengan bertambahnya pertumbuhan perusahaan-perusahaan sejenis, mengakibatkan adanya penurunan jumlah omset PT. Hadtex, Saat ini PT. Hadtex telah menggunakan sistem informasi dan teknologi informasi dalam proses bisnisnya, namun keberadaan sistem informasi dan teknologi informasi yang belum terintegrasi menjadi kendala dalam meningkatkan kinerja perusahaan. Kendala lain yang belum terencana pembangunan sistem informasi dan teknologi informasi secara rinci.
Pada penelitian ini akan dibuat perencanaan strategi SI/TI dilakukan dengan melakukan analisa lingkungan internal bisnis dan ekternal bisnis disertai analisa internal dan eksternal SI/TI dengan tools SWOT, PEST, Five Forces, Value Chain, Critical Succes Factor, McFarlan Grid. Hasil Analisis tersebut mengahasilkan usulan strategi bisnis menggunakan kerangka kerja empat langkah Blue Ocean Strategy. Diantaranya pergantian bahan baku utama yaitu kapas diganti dengan limbah botol plastik yang berdampak mengurangi biaya produksi, sehingga perusahaan mampu bersaing dalam harga dan kualitas. Dan dapat digunakan untuk menyusun strategi manajemen SI/TI, strategi bisnis SI dan strategi TI dengan menyusun portofolio aplikasi di masa mendatang, aplikasi yang termasuk high potensial adalah e-commerce yang berfungsi untuk memperkenalkan dan menawarkan produk, menjual produk, dan melayani pelanggan.