PEMILIHAN DAERAH UNTUK TIM SALES DENGAN MENERAPKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)
STUDI KASUS : CV. BAYU PRATAMA BANDUNG
Abstrak
Perencanaan dalam memillih daerah untuk tim sales mempunyai peranan yang sangat penting terutama dalam menunjang perkembangan kemajuan perusahaan dan daerah usaha yang menjadi salah satu faktor dari keberhasilan sebuah pendirian usaha. Namun bukan persoalan yang mudah bagi perusahaan dalam memillih daerah usaha yang akan didirikan. Pemilihan daerah yang tepat akan memberikan beberapa keuntungan, seperti perusahaan akan berada pada posisi yang kuat dalam persaingan, kemampuan pelayanan terhadap pelanggan, dan sebagainya. Sebaliknya kesalahan dalam mengambil keputusan dalam pemilihan daerah usaha, akan menyebabkan kerugian yang tidak sedikit, misalnya dengan hilangnya modal yang telah terlanjur diinvestasikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif pemilihan daerah untuk tim sales dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP sendiri digunakan untuk memillih setiap bobot dari kriteria yang sudah ditentukan oleh manager sales serta memillih rangking alternatif dengan menghitung bobot alternatif, memillih matrik normalisasi sampai penilaian kriteria dari masing-masing alternatif hingga mendapatkan rekomendasi daerah yang tepat berdasarkan perangkingan tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memillih daerah tim sales baru, berdasarkan kriteria modal, Track Record penjualan di Bandung, UMR (Upah Minimum Regional), dan jarak dari Bandung.