Abstrak

PT Suryaputra Adipradana merupakan sebuah PO (perusahaan otobus) yang bergerak di bidang jasa transportasi bus pariwisata yang bertempatkan pada tiga wilayah yaitu bandung, jakarta, dan cirebon. PT Suryaputra Adipradana memiliki beberapa website yang dapat diakses secara online, salah satunya yaitu infohargasewabus.com.


Terdapat beberapa permasalahan yang dimiliki website tersebut seperti sepinya pengunjung situs dan posisi di hasil penelusuran mesin pencari berdasarkan kata kunci yang ditargetkan tidak berada di halaman pertama, sehingga menyebabkan menurunnya popularitas website tersebut.


Oleh karena itu dibutuhkan teknik yang tepat untuk menyelesaikan beberapa masalah yang dihadapi oleh PT Suryaputra Adipradana. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization yang berarti teknik untuk mempengaruhi visibilitas situs web atau halaman web didalam sistem pencari yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari.


Salah satu metode yang terdapat pada teknik SEO (Search Engine Optimization) yaitu White Hat SEO yang mengacu kepada penggunaan strategi, teknik dan taktik yang mengikuti aturan dari mesin pencari. Dengan penggunaan metode white hat seo dalam melakukan onpage dan offpage optimization dapat meningkatkan ranking dan pengunjung dengan aman sehingga aman dari deindex yang dapat menyebabkan website terhapus dari search engine.