Abstrak

Elektronik banking merupakan layanan perbankan yang meliputi Internet Banking, mobile banking, sms banking dan Phone Banking. Pengguna smartphone Indonesia juga bertumbuh dengan pesat. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Melihat peluang tersebut pada tahun 2012, PT Bank BRISyariah memperkuat standar layanannya dengan mengoptimalkan pemanfaatan keunggulan teknologi informasi. Inovasi pemanfaatan teknologi informasi ini tidak hanya mampu mengefesienkan proses bisnis dan kualitas layanan tetapi juga meningkatkan kinerja perusahaan, namun sekaligus memberikan kemudahan akses bagi jutaan nasabahnya. Keadaan ini yang mendorong untuk membuat suatu perencanaan strategis pada Mobile Banking PT Bank BRISyariah. Analisis ini melakukan perencanaan strategis sistem informasi dengan menggunakan metode Ward dan Peppard, yang didalamnya dilakukan tahap analisis terhadap lingkungan bisinis internal, eksternal dan SI/TI internal, eksternal. Kemudian dari analisis tersebut didapatkan hasil berupa strategi SI bisnis, strategi TI dan strategi manajemen SI/TI. Perencanaan strategis sistem informasi ini diharapkan dapat menyajikan perencanaan yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi perusahaan agar tercapai tujuan bisnisnya.