http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/issue/feedJurnal Komputer Bisnis2024-08-01T06:37:02+00:00Muhtar Udinmuhtar@lpkia.ac.idOpen Journal SystemsJurnal Komputer Bisnishttp://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/500APLIKASI ANALISIS FASILITAS PERPAJAKAN TERHADAP PENDAPATAN UMKM ORANG PRIBADI2024-08-01T06:37:02+00:00Nur Resnaresna@lpkia.ac.idAnni Yuliahanni@lpkia.ac.idHendi Kurnia Permanahendikurniapermana@lpkia.ac.id<p>Citra Gemilang sebagai salah satu kantor yang bergerak dalam bidang perpajakan dan akuntansi tentu membutuhkan teknologi informasi untuk proses kinerjanya. Kantor konsultan pajak Citra Gemilang menghadapi berbagai tantangan dalam memberikan layanan perpajakan kepada klien, termasuk kesulitan komunikasi dan keterbatasan akses informasi secara real-time. Administrasi data yang masih menggunakan Microsoft Excel menyebabkan lambatnya proses perhitungan pajak dan rentan terhadap kesalahan, sementara kebutuhan informasi yang cepat dari klien tidak dapat terpenuhi secara optimal. Selain itu, keterbatasan dalam mengakses data secara mobile menghambat efisiensi layanan. Tujuan penggunaan aplikasi AppSheet yaitu alat perhitungan perpajakan sebagai platform pengembangan aplikasi kustom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan studi kasus terhadap penggunaan AppSheet dalam proses perhitungan dan perbandingan jumlah pajak yang diterima oleh pelaku UMKM orang pribadi, dan memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi informasi bagi kebutuhan klien. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan penelitian penulis akan menggunakan metode kualitatif karena metode ini dapat menjadi pilihan yang cocok untuk penlitian tentang Studi Kasus Penggunaan Aplikasi AppSheet dalam perhitungan fasilitas perpajakan yang diterima oleh pelaku UMKM orang pribadi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemahaman tentang implementasi teknologi informasi, serta memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan-perusahaan lain yang ingin menggunakan teknologi serupa.</p>2024-07-24T09:02:10+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/513ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENERIMAAN KAS DI PT GEOFF MAKSIMAL JAYA2024-07-24T09:25:27+00:00Maulana Yusuf Agmalna Putramaulanayusuf070701@gmail.comAhmad Nukman Ginanjarahmad@lpkia.ac.idIrsan Herlandi Putrairsanherlandiputra@lpkia.ac.idEti Suprihatinetisuprihatin@lpkia.ac.id<p>Pengelolaan keuangan yang efektif sangat penting bagi operasional dan pertumbuhan perusahaan. PT Geoff Maksimal Jaya, sebuah perusahaan industri sepatu, mengandalkan sistem informasi akuntansi untuk mengelola penerimaan kas. Analisis efektivitas sistem ini penting untuk meningkatkan kecepatan proses, akurasi pencatatan, pengawasan arus kas, dan kemampuan analisis keuangan. Namun, tantangan seperti kurangnya integrasi sistem, keamanan data, dan pelaporan real-time menghambat optimalisasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keamanan, regulasi, dan kelengkapan data sistem informasi akuntansi serta mengidentifikasi cara meningkatkan efektivitasnya.</p>2024-07-24T08:59:56+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/512ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBELIAN BAHAN BAKU DALAM MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERN PT SARIBUMI DEWATA LESTARI2024-07-24T09:25:36+00:00Irani OkIranitaviairanioktavia3@gmail.comirsan herlandiirsanherlandiputra@lpkia.ac.idAhmad Nukman Ginanjarahmad@lpkia.ac.idRaudatul Medinar.medina@lpkia.ac.id<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku dalam meningkatkan pengendalian intern pada PT Saribumi Dewata Lestari dengan teknik pengumpulan data . Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi pembelian bahan baku belum mendukung pengendalian intern. Hal ini dapat dilihat dengan tidak adanya beberapa fungsi di PT saribumi Dewata yang mengakibatkan rangkap tugas dan jabatan yaitu fungsi gudang dengan fungsi pembelian</p>2024-07-24T09:00:25+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/511ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN KARYAWAN DALAM UPAYA MENDUKUNG PENGENDALIAN INTERN PADA PT. ADETEX KABUPATEN BANDUNG2024-07-24T09:25:46+00:00Tiara Roshanicatitiros0000@gmail.comAhmad Nukman Ginanjarahmad@lpkia.ac.idIrsan Herlandi Putrairsanherlandiputra@lpkia.ac.idMustakim Rizamustakimrija@fellow.lpkia.ac.id<p>Prosedur penggajian karyawan menjadi lebih mudah dan tepat waktu dengan bantuan sistem informasi akuntansi penggajian. Untuk memastikan bahwa aktivitas mereka dikelola sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan, bisnis memerlukan pengendalian <em>intern</em>. Gaji merupakan komponen penting dari biaya perusahaan dan salah satu aspek yang memiliki risiko tinggi terhadap kesalahan pengolahannya. Untuk itu, manajemen perusahaan harus tetap fokus pada sistem pengendalian <em>intern</em> agar menghasilkan proses penggajian yang baik.</p> <p>Riset ini bermaksud untuk mengidentifikasi sistem informasi akuntansi penggajian karyawan serta memahami ketepatan penerapannya dalam rangka mendukung pengendalian <em>intern</em> pada PT. Adetex Kabupaten Bandung. Metode penelitian ini tergolong dalam kategori penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, observasi, dan tinjauan pustaka. Kesimpulan riset di PT. Adetex Kabupaten Bandung menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi penggajian karyawan belum seutuhnya guna mendukung pengendalian <em>intern</em>. Hal ini bisa diamati pada praktik yang sehat terjadi uraian tugas yang tumpang tindih. Untuk itu, saran mengenai jaringan prosedur sistem informasi akuntansi penggajian, lebih baik dilakukan pemisahan tugas antara staff <em>human resource development</em> (HRD) dengan staff <em>payroll</em> untuk mempermudah pekerjaan dan pemeriksaan, sehingga menghasilkan pengolahan atau pembuatan data yang lebih tepat dan cepat.</p>2024-07-24T09:00:46+00:00##submission.copyrightStatement##http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/510ANALISIS PROSEDUR SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGELUARAN KAS KECIL TERHADAP PENGENDALIAN INTERN PADA BALAI BESAR SURVEI. DAN PEMETAAN GEOLOGI KELAUTAN2024-07-24T09:26:02+00:00Risha Rizyawati230634005@fellow.lpkia.ac.idHamidah Hamidahhamidah@lpkia.ac.idAhmad Nukman Ginanjarahmad@lpkia.ac.idIrsan Herlandi Putrairsanherlandiputra@lpkia.ac.id<p>Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas Kecil merupakan sistem mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data transaksi yang jumlahnya relatif kecil dan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Suatu perusahaan menerapkan sist em pengendalian intern sebagai penunjang dalam menjalankan usahanya. Salah satu aktiva yang dimiliki perusahaani adalah kas. karena kas yang sifatnya imudah dipindahtangankan dan tidak dapat.dibuktikan kepemilikannya. Oleh karena itu kas dibutuhkan perhatian khusus, untuk itu diperlukan pengendlian intern atas pengeluaran kas.</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi pengeluaran.kas kecil terhadap pengendalian intern pada Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian pada Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan menunjukan bahwa sistem informasi akuntansi pengeluaran kas belum sepenuhnya mendukung pengendalian intern. Hal ini dapat dilihat dengan adanya kendala. Kendalanya yaitu ada beberapa dokumen yang belum ditandatangani namun sudah di arsipkan.</p>2024-07-24T09:01:12+00:00##submission.copyrightStatement##