Abstrak

Perkembangan yang sangat cepat di bidang Teknologi Informasi memberikan pengaruh yang sangat besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Pengaruh yang paling nyata terlihat pada terjadinya perubahan mendasar terhadap cara orang melakukan komputerisasi, terutama yang diimplementasikan dalam dunia bisnis yang semakin pesat dan semakin canggih.


Salah satu aspek teknologi yang paling fenomenal adalah internet, internet telah menjawab sebuah tantangan zaman akan sebuah kemajuan teknologi yang dengan kata lain internet dapat menembus jarak, ruang dan waktu. Teknologi komputer khususnya internet bukanlah suatu hal yang baru lagi. Selama komputer yang kita gunakan terkoneksi ke internet, kita dapat saling berinteraksi dengan komputer lain yang terkoneksi dari seluruh dunia.Dengan kemudahan mengaksesnya banyak orang yang menggunakan jasa internet sebagai sarana melakukan transaksi. Salah satunya profile dan berita berbasis web di pusat survei museum geologi bandung. Profile dan berita berbasis web dapat memudahkan masyarakat yang ingin mencari informasi. Teknologi harus dapat memberikan manfaat yang sebesar – besarnya untuk kelangsungan hidup umat manusia baik di masa sekarang ini maupun di masa yang akan dating Sebagai museum yang akan terus berkembang, Museum harus meningkatkan kualitas informasi tentang segala hal dan kegiatan yang berlangsung agar masyarakat luas bisa mengetahui informasi yang ada tanpa harus datang langsung ke Museum.


Pembangunan aplikasi perangkat lunak profile dan berita di museum geoligi ini menggunakan menggunakan metodologi Objek Oriented Programming dan pemodelan visualnya menggunakan UML (Unifed Modelling Language). Sedangkan bahasa pemograman itu sendiri menggunakan PHP dan media penyimpanan datanya (database) menggunakan MySQL