Abstrak

Pengetahuan masyarakat tentang penyakit kulit masih sangat kurang, bahkan sebagian menganggap penyakit kulit menimbulkan rasa malu pada penderita . Tingginya penyebaran penyakit kulit ini dan masih menjadi masalah kesehatan masyarakat serta ketidaksadaran masyarakat akan kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan sehingga perlu adanya sistem yang dapat membantu masyarakat dalam mencari solusi dari masalah penyakit kulit yaitu dengan mengimplementasikan sistem pakar untuk membantu mendiagnosa penyakit kulit.
Perancangan sistem pakar inimenggunakan metode pelacakan backward chaining dan metode pemecahan masalah menggunakan certainty factor yaitu metode untuk mengelola sesuatu yang tidak diketahui kepastiannya dalam rules-based systems. Kemudian sistem pakar ini dilengkapi dengan konsep pengenalan pola gambar menggunakan metode jaringansyaraf tiruan(JST) backpropagation, sehingga diharapkan dapat lebih memperjelas hasil diagnosis yang akan dilakukan.
Sistem pakar ini akan bermanfaat bagi para dokter dan juga peneliti untuk meringankan beban mereka dalam meneliti suatu lingkungan dengan tingkat penyebaran penyakit kulit yang tinggi dan sangat rentan. Dengan adanya aplikasi ini akan membantu dokter dan peneliti dalam melakukan pelayanan dan akses informasi diagnosa penyakit kulit.