Abstrak

Untuk keamanan penyimpanan barang berharga seperti perhiasan, serta dokumen penting lainnya didalam rumah, ditoko ataupun dikantor. Memerlukan tempat penyimpanan yang kuat dan aman, salah satunya yaitu brankas. Brankas saat ini dirasa kurang modern karena menggunakan kunci manual atau kode putar untuk membuka brankas, dan kunci juga dapat hilang atau kode putar macet dan tidak dapat membuka brankas, serta jika barang hilang dalam isi brankas yang diambil orang lain yang tidak bertanggungjawab, pemilik tidak mengetahui dikarenakan tidak ada informasi yang diterima pada saat kejadian itu terjadi.
SMS (Short Message Service)merupakan salah satu fasilitas standar yang didukung oleh telepon seluler termurah saat ini. SMS juga merupakan favorit para pengguna telepon seluler. Karena tarif SMS yang relatif lebih murah dibandingkan tarif percakapan telepon. Dalam input, proses serta output yang berhubungan dengan sistem yang dibuat, akan dijelaskan menggunakan metode yang mendukung kedalam perancangan alat, yaitu menggunakan Metode OOSE(Object Oriented Software Enginering) yang dibuat oleh Ivar jacobson.Metode ini akan digunakan sebagai penjelasan dari permasalahan yang ada, OOSE mempunyai beberapa bentuk objek yang akan menguraikan sistem, seperti Abstract Use Case , Structure Design,Interaction Diagram dan State Transition.
Dan komponen yang digunakan yaitu ATmega8535L sebagai pusat didalam sistem yang akan memproses semua input dan output, yang nantinya akan menjadikan brankas menjadi modern dan tidak menggunakan kunci atau kode putar manual. Dan bila terjadi kehilangan isi dari brankas atau mencegah pencurian, sistem dari brankas ini akan mengirimkan informasi warning lewat pesan SMS kepada pemilik brankas sehingga pemilik brankas dapat mengetahui ada yang tidak beres pada brankasnya, yang nantinya pemilik dapat memberikan peringatan dini untuk mengurungkan niat pelaku pencurian melalui pesan kepada sistem untuk menyalakan Buzzer atau Alarm.