Abstrak

Matematika merupakan ilmu universal yang memiliki peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Matematika sangat erat kaitannya dengan perkembangan pola pikir manusia yang berpengaruh bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Proses pembelajaran matematika di sekolah pada umumnya berkonsentrasi pada latihan menyelesaikan soal yang bersifat prosedural yang cenderung membosankan daripada menanamkan pemahaman. Siswa hanya menerima konsep pemahaman secara informatif, menerima contoh soal dan dituntut untuk menyelesaikan soal-soal latihan.
Penyampaian materi yang cenderung membosankan akan mempengaruhi kurangnya semangat dan minat siswa untuk mempelajari matematika sehingga akan berdampak negatif terhadap siswa yang bersangkutan. Sebagai upaya untuk meningkatkan minat siswa agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran matematika, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik dan lebih interaktif. Berdasarkan jenisnya, media pembelajaran dapat digolongkan menjadi empat jenis, yaitu: media pembelajaran visual, media pembelajaran audial, media pembelajaran audiovisual, dan media pembelajaran multimedia.
Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu game edukasi. Penggunaan game edukasi sebagai media pembelajaran membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat menambah motivasi serta memancing minat siswa terhadap materi pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diajarkan.