Abstrak

Hotel Horison Bandung merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata yaitu dengan memberikan jasa penginapan untuk orang-orang yang memerlukan tempat tinggal sementara. Pada Hotel Horison Bandung terdapat beberapa persediaan salah satunya adalah groceries. Groceries adalah kelompok bahan makanan grosir atau sembako seperti tepung terigu, saos, kecap, beras mie, kacang-kacangan dan lain-lain. Departemen Gudang (General Store) di Hotel Horison Bandung merupakan salah satu departemen yang masih menggunakan sistem akuntansi manual. Setiap harinya Bagian General Store melakukan transaksi penerimaan dan pengeluaran barang, selain itu Bagian General Store juga melakukan permintaan pembelian barang apabila barang kurang dari batas minimal.


Dari aktivitas yang ada di perusahaan sekarang muncul beberapa masalah yang terjadi di Bagian General Store seperti pencatatan barang masuk dan keluar masih menggunakan sistem manual yaitu menulis dalam bincard yang rentan akan kehilangan dan kerusakan, masih terjadi kekurangan barang karena kurangnya pengawasan, belum adanya laporan stock opname, belum adanya laporan penerimaan barang, laporan pengeluaran barang dan laporan persediaan barang.


Dengan adanya permasalahan diatas maka akan dibangun sebuah Aplilasi Persediaan Groceries sehingga dapat mengatasi permasalahan yang ada pada sistem berjalan saat ini yaitu dengan merubah proses manual menjadi terkomputerisasi dan dibuatkan dokumen nota penerimaan barang dan surat permintaan pembelian barang dan dibuatkan laporan penerimaan barang, laporan pengeluaran barang, laporan permintaan pembelian barang, laporan stock opname dan laporan persediaan.Metodologi pengembangan sistem informasi yang digunakan adalah prototype dimulai dengan mendengarkan pelanggan, membangun dan memperbaiki prototype dan uji coba..