APLIKASI ADMINISTRASI PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI (STUDI KASUS PT. ASURANSI UMUM BUMIPUTERA MUDA 1967)
Abstrak
Pada perusahaan Asuransi, Bagian Keuangan sangatlah penting. Hal ini dikarenakan Bagian Keuangan merupakan pusat kegiatan dalam menangani permasalahan keuangan perusahaan. Dalam hal ini Bagian Keuangan akan melaksanakan segenap aktivitas yang berhubungan dengan Pembayaran Klaim Asuransi. Dimana Bagian Keuangan akan membantu kelancaran terhadap kebutuhan nasabahnya atau biasa di sebut dengan pihak tertanggung. Tentunya perusahaan asuransi atau pihak penanggung, akan membiayai atas kerugian yang dialami pihak tertanggung oleh Bagian Keuangan. Sehingga peran Bagian Keuangan sangatlah penting dalam Pembayaran Klaim Asuransi atas kerugian yang di alami pihak tertanggung.Untuk dapat melaksanakan proses Pembayaran Klaim atas kerugian yang dialami pihak tertanggung maka Bagian Keuangan akan mengelola berbagai kegiatan Administrasi antara lain menangani semua masalah keuangan dari Pembayaran atas klaim yang di dapat dari pihak tertanggung, sampai dengan pembuatan Kwitansi yang dikeluarkan sebagai bukti pembayaran.Pembayaran Klaim merupakan hal yang penting atas kerugian yang di alami pihak tertanggung namun sangat disayangkan karena proses dalam Pembayaran Klaim dibutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan lamanya pencarian data Pembayaran Klaim pihak tertanggung yang kurang efektif dan efesien sehingga dapat memperlambat dalam pencarian data klaim pihak tertanggung. Seiring dengan budaya perusahaan yang mengutamakan kepuasan pelayanan nasabah serta keefektifan dan keefisienan dalam bekerja maka perlu adanya kegiatan pelaksanaan Pembayaran Klaim Asuransi dengan lancar ditunjang dengan adanya Aplikasi Microsoft Accsess yang dapat mempermudah dalam kegiatan Pembayaran Klaim pihak tertanggung.