ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE MELALUI CUSTOMER PERCEPTIONS TERHADAP CUSTOMER INTENTIONS DI PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN (PERSERO)TBK. KANTOR CABANG BUAH BATU
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image terhadap Customer Intentions melalui Customer Perceptions di PT. Bank BJB (Persero) Tbk Kantor Cabang Buah Batu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis AMOS. Populasi penelitian adalah nasabah Bank BJB KC Buah Batu dengan sampel yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Variabel penelitian meliputi Brand Image (X), Customer Perceptions (Z), dan Customer Intentions (Y). Analisis model dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, Confirmatory Factor Analysis (CFA), serta pengujian kelayakan model menggunakan Goodness of Fit Index (Chi-square, GFI, CFI, TLI, RMSEA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Perceptions dan Customer Intentions. Customer Perceptions juga berpengaruh signifikan terhadap Customer Intentions, serta memediasi pengaruh Brand Image terhadap Customer Intentions. Nilai GOF menunjukkan model berada dalam kategori fit (Chi- square/df = 1,890; GFI = 0,910; CFI = 0,952; TLI = 0,944; RMSEA = 0,048). Temuan ini mempertegas bahwa penguatan citra merek melalui persepsi positif nasabah mampu meningkatkan niat perilaku dalam penggunaan layanan perbankan.