Abstrak

Dalam penelitian ini, penulis akan berbagi pengalaman tentang sebuah tren saat ini di bidang manajemen bisnis. Sangat disayangkan Dinas Pariwisata Bandung, secara khusus belum memaksimalkan pemanfaatan aplikasi teknologi komunikasi berbasis komputer karena kurangnya informasi dan menganggap teknologi canggih tersebut terlalu mahal atau terlalu rumit untuk dikelola. Penulis merasa yakin bahwa penerapan teknologi komputer akan sangat membantu dalam pencarian informasi yang relevan dan akan memperluas cakupan promosi untuk pariwisata. Penerapan teknologi ini dapat meningkatkan Pendapatan Nasional yang substansi.Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan untuk pengumpulan data digunakan beberapa teknik, yaitu: (1) Membaca beberapa referensi yang berkaitan dengan pariwisata dan teknologi komputer seperti buku, majalah, leaflet, brosur, surat kabar dan tesis untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya tentang konsep tersebut; dan (2) Memeriksa semua data dalam komputer untuk menjelaskan validitas dari semua data yang disajikan dalam penulisan penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktorat Pariwisata Daerah sebagai perwakilan resmi dari Pemerintah Provinsi tidak memiliki home-page khusus yang mampu menawarkan informasi terbaru dan rinci tentang fasilitas pariwisata untuk mempromosikan atau mendukung pariwisata Jawa Barat. Direktorat Pariwisata Pemerintah Provinsi tidak menunjukkan partisipasi jelas dan aktif, bahkan ada indikasi bahwa mereka tidak melakukan upaya yang serius untuk mempromosikan daerah pariwisatanya sendiri.Dari hasil penelitian tersebut Penulis masih berharap Pemerintah Provinsi akan berpartisipasi aktif dalam mempromosikan data pada pariwisata global sehingga dapat meningkatkan keuntungan dari sektor pariwisata. Antisipasi yang dapat dilakukan adalah melakukan promosi dengan sistem komputeriasi, yang sangat efisien dan untuk menarik lebih banyak wisatawan asing datang dan mengunjungi tempat yang menarik di Indonesia.