Abstrak

Pencatatan hutang dagang dimulai pada saat terjadi teransaksi pembelian kredit dan transaksi pembayaran kas sampai dengan laporan hutang.titik awal pembangunan aplikasi di dasari atas beberapa masalhmasalh yang terjadi diantaranya : Sulitnya dalam proses pencarian data hutang dagang sehingga pembuatan laporan sering mengalami keterlambatan, Terjadi ketidakcocokan saldo hutang dagang pada akhir bulan karena terjadi retur pembelian dan retur tersebut belum tercatat Penyesuaian pada akhir bulan selalu tidak tercatat karena tidak adanya jurnal penyesuaian.


Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibangun aplikasi yang mengakomodasi permasalahan – permasalahan diatas serta akan dirancang dokumen retur pembelian untuk memudahkan pencatatan jika terjadi ketidakcocokan saldo hutang dagang, catatan jurnal umum untuk pencatatan adjustment atau penyesuaian. Akan dirancang Buku besar Pembantu Hutang setiap kreditur untuk memudahkan pembuatan laporan hutang.


Pendakatan yang digunakan dalam pembangunan aplikasi adalah dengan pendekatan terstruktur dan menggunakan metode pengembangan sistem SDLC, sehingga dalam proses analisis dan desain sistem akan menggunakan tool context diagram, DFD sehingga dengan tool tersebut akan diperoleh. Gambaran kebutuhan sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan