APLIKASI PELAKSANAAN ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL BIDANG PERMUKIMAN Studi Kasus : DINAS PERMUKIMAN DAN PERUMAHAN PROV. JABAR
Abstrak
Sistem informasi akuntansi pelaksanaan anggaran yang diterapkan di Bagian Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) pada Bidang Permukiman Dinas Permukiman dan Perumahan Provinsi Jawa Barat pada Bagian Bendahara Pengeluaran Pembantu Bidang Permukiman terdapat kendala yang dihadapi yaitu mengenai proses penyimpanan data karena proses pencatatan pelaksanaan anggaran yang masih dilakukan secara manual, sehingga menyebabkan proses yang cukup lama dan adanya keterlambatan.
Berdasarkan analisis dari kendala yang ada pada Bagian Bendahara Pengeluaran Pembantu khususnya pelaksanaan anggaran biaya operasional di bidang permukiman, penulis mengusulkan akan membangun sebuah aplikasi berbasis database menggunakan Microsoft Office Access 2013 yang dapat menangani seluruh proses data transaksi pelaksanaan anggaran biaya operasional secara tepat dan cepat, merancang laporan yang dapat menampilkan laporan SPJ (Surat Pertanggung Jawaban), laporan KRA (Kinerja Realisasi Anggaran), Daftar Rekening dan Daftar Pegawai Penandatangan sehingga kebutuhan dan informasi dapat tercapai dengan cepat dan mudah.
Pembuatan sistem informasi pelaksanaan anggaran biaya operasional ini dapat membantu kinerja pada Bagian Bendahara Pengeluaran Pembantu terutama dalam melakukan transaksi pencatatan pengeluaran anggaran dengan proses sistem yang terkomputerisasi yang bertujuan untuk menghasilkan laporan atau informasi yang dibutuhkan.