Abstrak

Yang melatarbelakangi pengambilan penelitian ini adalah pentingnya Bagian Pengawas Kantor Cabang dalam melaksanakan prosedur administrasi pengelolaan data paketpos.


Pokok bahasan dalam penelitian ini difokuskan pada Prosedur Administrasi Pengelolaan Data PaketPos menggunakan Micrsoft Access 2007 pada Bagian Pengawas Kantor Cabang (PKC) di PT Pos Indonesia. Di mulai dari dari Kantor pos cabang mengirim naskah portepel sampai Pengarsipan laporan harian paketpos. Adapun hasil analisis perbandingan antara teori dengan pelaksanaan menunjukan bahwa prosedur administrasi pengelolaan data paketpos tedapat persamaan dan perbedaan, salah satu persamaannya adalah adanya pencocokan data dan jumlah uang secara komputerisasi yang berdampak baik bagi perusahaan. Sedangkan salah satu perbedaannya adalah tidak adanya tanda bukti bea kirim oleh karena itu berdampak kurang baik bagi perusahaan.


Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan prosedur administrasi pengelolaan data paketpos di PT POS Indonesia (Kantor Besar Pos Bandung telah berjalan dengan baik dengan membangun aplikasi pengelolaan data Paketpos menggunakan Microsoft Access 2007proses pengelolaan data dapat terselenggara dengan lebih baik dalam hal pencatatan, pengelolaan, penyimpanan, penggandaan sampai penemuan kembali data-data yang diperlukan serta kegiatan pengelolaan data paketpos dapat dilakukan dengan cepat. Sehingga kebutuhan akan informasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien.