Abstrak

Gizi pada balita dan permasalahannya semula dianggap sebagai masalah kesehatan yang biasa  terjadi di masyarakat dan penanganannya hanya dapat ditangani oleh medis atau kedokteran. tetapi, saat ini permasalahan gizi terutama pada balita khususnya di lingkungan masyarakat kelurahan Kutawaringin Bandung semakin berkembang. Survei membuktikan beberapa penyebab terjadinya kekurangan gizi pada balita di daerah tersebut  adalah akibat kemiskinan, kekurangan pasokan pangan, kurangnya perhatian terhadap kebersihan lingkungan dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan kebutuhan gizi serta permasalahannya. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk bagi pertumbuhan balita jika tidak ditangani dengan cepat. Salah satu permasalahan gizi utama pada masyarakat berdasarkan tujuan diagnostik adalah penyakit Stunting (pendek) yang dapat mempengaruhi berat badan, tinggi badan dan ukuran lingkar kepala yang tidak sesuai dengan umur balita.


Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak Posyandu Kutawaringin dalam menentukan balita stunting dengan cara menggunakan aplikasi sistem pendukung keputusan. Adapun metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan metodologi yang digunakan dalam proses pengembangan perangkat lunak menggunakan metode prototype dan metode TOPSIS digunakan sebagai alat perangkingan dalam menentukan balita stunting.


Perancangan aplikasi pendukung keputusan ini menggunakan  MySQL Server sebagai penyimpanan database dengan bahasa pemograman codeigniter (CI) dan beberapa tools lainnya untuk melengkapi perancangan perangkat lunak. Penerapan aplikasi ini dapat memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat di Posyandu Kutawaringin guna membantu para petugasnya  dalam menentukan balita stunting, sehingga dapat merekomendasikan pihak terkait untuk melakukan tindakan penanganan balita stunting secara cepat dan tepat, serta memudahkan penyediaan data untuk kebutuhan pelaporan jumlah balita stunting di lingkungan Posyandu dan Puskesmas Kutawaringin.