Abstrak

PT Laskar Teknologi Mulia bergerak di bidang Digital Marketing yang berfokus pada konsultasi digital marketing, pembuatan website, pembuatan aplikasi Android dan juga pembuatan aplikasi IOS. Dalam struktur organisasi PT Laskar Teknologi Mulia salah satu bagiannya yaitu Bagian Finance. Ruang lingkup kerja dari Bagian Finance yaitu mengelola keuangan perusahaan dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan dokumen yang masuk dan keluar. Kegiatan pengelolaan dokumen di PT Laskar Teknologi Mulia dimulai dari masuknya dokumen berbentuk fisik dan berbentuk dokumen digital, dokumen tersebut diteruskan ke pimpinan dan dilakukan proses penyortiran untuk menentukan ditindaklanjuti atau tidak, dan terakhir proses penyimpanan dokumen. Hasil yang diperoleh dari pengamatan terhadap pengelolaan dokumen yaitu tidak dilakukannya proses pencatatan sehingga tidak adanya rekaman data dokumen masuk yang diterima PT Laskar Teknologi Mulia. Untuk menunjang Prosedur Pengelolaan Dokumen maka perlu dibuatkan pencatatan terhadap dokumen yang diterima perusahaan berupa buku agenda yang terdigitasi dan berisikan keterangan berupa no urut, tanggal terima surat , no.surat, tanggal surat, perihal, asal surat, alamat tujuan surat, kode arsip dari dokumen yang disimpan, keterangan dokumen berbentuk fisik atau digital dan dokumen untuk menyisipkan data dari dokumen yang masuk. Dengan adanya proses pencatatan maka pencarian dokumen akan lebih efektif dan efisien.