Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangatlah pesat, termasuk pamanfaatan internet, dimana dengan internet kita dapat dengan mudah memperoleh informasi kapanpun dan dimanapun. Dengan kemudahan tersebut sangat mungkin terjadinya plagiarisme, tidak menutup kemungkinan plagiarisme juga terjadi di dunia pendidikan. Plagiarisme merupakan tindakan mengambil hasil pemikiran orang lain dan diakui sebagai hasil pemikiran sendiri. Plagirisme ini semakin berkembang seiring kemajuan teknologi. Guna meminimalisir hal tersebut digunakan metode text mining dalam pendeteksiannya juga metode string matching dalam perhitungan kemiripan persentasenya. Perangkat lunak pendeteksi kemiripan file ini menggunakan algortima stoplist dan algoritma Nazief dan Adriani dalam pemrosesan teks nya sebagai pendukung dari metode text mining.


Perangkat lunak pendeteksi kemiripan file ini dirancang dengan pemodelan terstruktur dengan menggunakan process hierarcy diagram, bussiness process diagram dan process specification serta dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman php dengan database mysql.


Perangkat lunak yang dibangun diharapkan akan meminimalisir plagiarisme. Perangkat lunak ini sudah diuji oleh 20 orang user melalui kuisioner, dan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan dibangunnya perangkat lunak ini, dapat memberi kemudahan dalam proses pendeteksian kemiripan file, serta menyediakan informasi dan fasilitas yang lengkap untuk user.