MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PUBLIC RELATIONS BISNIS DI ERA DIGITALISASI
Abstrak
- Mutiara Hikmah adalah perusahaan outsourcing (alih daya) yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa keamanan dan penyediaan tenaga kerja khususnya tenaga security di Wilayah Kabupaten Bandung. Dalam proses sebuah bisnis, penggunaan media sosial sebagai sarana Public Relations (PR) salah satunya dilakukan untuk menyampaikan informasi baik secara internal perusahaan maupun ekternal perusahaan misalnya karyawan, dan relasi perusahaan. Aplikasi sosial media yang digunakan sebagai sarana PR perusahaan yaitu WhatsApp dengan pengoptimalan penggunaan fitur aplikasi yang ada. Proses penelitian dilakukan dengan cara deskriptif analisis. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi lapangan, studi dokumenter, studi pustaka serta studi wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penggunaan media sosial WhatsApp dapat membantu proses bisnis perusahaan meningkat. Dan berdasarkan analisis maka diusulkan untuk menambah penggunaan media sosial sebagai sarana PR yaitu penggunaan aplikasi Instagram yang dapat membuat penyampaian informasi lebih efektif dan efisien, sehingga cakupan penerima informasi akan lebih luas lagi.