Abstrak

  1. Kirana Semesta Pangan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri yang memproduksi Bakso berbagai jenis dan ukuran. Hingga kini PT. Kirana Semesta Pangan memiliki lebih dari 10 Produk bakso. Perancangan aplikasi ini difokuskan pada perhitungan harga pokok produksi hingga menghasilkan laporan harga pokok produksi sebagai laporan yang dibutuhkan oleh manajemen.

 


Perhitungan harga pokok produksi yang berjalan selama ini masih menggunakan harga taksiran, sehingga hasil harga pokok produksi tidak akurat dan rentan akan kesalahan.


 


Aplikasi harga pokok produksi yang sudah dirancang dengan menggunakan metode perancangan prototype, diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada pada PT. Kirana Semesta Pangan pada saat ini dilihat berdasarkan hasil pengujian aplikasi perhitungan harga pokok produksi yang telah dilakukan. Perhitungan yang dirancang dalam aplikasi ini menggunakan metode Full Costing, hasil dari perhitungan sudah akurat, aplikasi mampu menghitung harga pokok produksi secara otomatis serta memudahkan dalam pembuatan laporan dalam waktu yang cepat.