Abstrak

Yang melatarbelakangi judul tersebut di atas adalah pentingnya Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Bandung merupakan suatu Instansi Pemerintah yang memiliki tugas pokok yaitu membantu Walikota Bandung dalam melaksanakan urusan wajib Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri. Dalam struktur organisasi terdapat unit kerja atau Bagian, salah satunya Bagian Umum dan Kepegawaian. Bagian ini dalam lingkup kerjanya bertanggung jawab atas penerimaan surat masuk salah satunya penanganan Surat Praktik Kerja Lapangan yang kemudian akan di proses dan memungkinkan untuk di pinjam oleh Bagian lain dan bila diperlukan  distribusikan kepada Bagian yang dituju.


 


Penelitian dilaksanakan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kota Bandung, dimana dalam kegiatan administrasi peminjaman surat praktik kerja lapangan dilakukan mulai dari adanya pengajuan peminjaman surat praktik kerja lapangan oleh Bagian lain, adanya pencarian surat oleh Bagian Umum, lalu surat diberikan kepada Bagian lain sesuai dengan kebutuhan.


 


Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peminjaman surat praktik kerja lapangan lapangan tidak dilakukan adanya pencatatan, sehingga surat yang dipinjam menjadi sulit untuk ditemukan Bagian mana yang meminjam surat tersebut.


 


Hal baru dari Analisis diusulkan bahwa untuk menunjang Prosedur Administrasi Peminjaman Surat Praktik Kerja Lapangan agar ada pengawasan dan berjalan dengan baik, maka perlu dibuatkan Formulir Peminjaman Surat untuk Bagian lain yang ingin meminjam, di dalam Form tersebut berisikan syarat atau bukti tertulis yang disepakati dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak agar kegiatan peminjaman surat praktik kerja lapangan dapat terkontrol dan berjalan dengan baik.