Abstrak

Perkembangan sektor perbankan telah tumbuh dengan pesat dan mendominasi kegiatan perekonomian Indonesia. Kegiatan sektor perbankan sangat menentukan kemajuan suatu negara dalam bidang perekonomian. Kegiatan utama Bank adalah menghimpun dana dari masyarakat melalui simpanan dan menyalurkan kembali dana tersebut kepada masyarakat umum dalam bentuk kredit. Hal inilah yang membuat persaingan di bidang perbankan ini semakin ketat, dimulai dari kinerja karyawan yang terus ditingkatkan, pemanfaatan teknologi samapi dengan peningkatan layanan. Semua hal itu dilakukan oleh pihak Bank semata-mata untuk meningkatkan minat para calon nasabah untuk menabung atau mempercayakan dananya disimpan di Bank.


Untuk menjadi yang terbaik itu tidak mudah, apalagi dalam bisnis perbankan. Diperlukan komitmen yang besar untuk tetap memberikan layanan yang terbaik bagi para nasabah, terutama dalam penyedia ragam solusi serta produk yang sesuai.


Dengan banyaknya bisnis perbankan di kota Kuningan, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan dalam mengelola dananya. Baik Bank syariah maupun Bank konvensional menawarkan begitu banyak produk layanan yang sangat memanjakan para nasabahnya. Kondisi persaingan bisnis perbankan ini mendorong setiap bankir untuk mencari berbagai strategi pelayanan terbaik agar dapat menarik nasabah baru dan mempertahankan nasabah yang telah ada.


Untuk mencari strategi pelayanan yang terbaik perlu diketahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi keputusan masyarakat untuk menjadi nasabah Bank. Isu tentang faktor-faktor yang berperan dalam proses pengambilan keputusan nasabah tersebut telah mendorong dilakukannya studi penelitian ini.


Hasil penelitian ini adalah hasil uji coba terhadap beberapa responden dari masyarakat dalam memilih Bank BCA sebagai Bank favorit dengan menggunakan Structual Equation Modelling (SEM) sebagai metode nya. Dan beberapa tools digunakan dengan Amos versi 16.0 untuk menggambarkan hubungan setiap konstruk. Sedangkan metode pengumpulan data responden menggunakan questioner dan wawancara.