Abstrak

Yang melatarbelakangi judul tersebut diatas adalah pentingnya Bagian Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia dalam menangani pengajuan perjalanan dinas dimana kegiatan ini menggunakan aplikasi berbasis komputer agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien.


Pokok bahasan ini difokuskan pada kegiatan yang dimulai dari penyortiran Surat Pengajuan Perjalanan Dinas sampai dengan penghitungan anggaran, dari hasil analisis perbandingan antara teori dan praktiknya menunjukkan bahwa prosedur administrasi penanganan pengajuan perjalanan dinas terdapat persamaan dan perbedaan.


Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa prosedur administrasi penanganan pengajuan perjalanan dinas pada bagian Pengembangan Organisasi dan Sumber Daya Manusia di PT. LEN INDUSTRI (Persero) telah berjalan dengan baik. Disamping itu dengan penggunaan aplikasi penanganan pengajuan perjalanan dinas berbasis komputer tentunya kegiatan administrasi dalam hal pencatatan, pengolahan, penyimpanan, penggandaan sampai penemuan kembali data-data tentang kegiatan perjalanan dinas dapat dilakukan dengan cepat sehingga kebutuhan akan informasi dapat tercapai dengan efektif dan efisien.