Abstrak

Helpdesk TI atau lebih dikenal dengan sistem manajemen untuk membantu menangani kebutuhan terkait dengan pelayanan, dukungan teknis dan gangguan terhadap layanan teknologi informasi. Layanan teknologi informasi inilah yang menjadi permasalahan yang terjadi di PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten, yakni mengatasi keluhan pada layanan TI yang cepat dan efisien guna mencegah masalah yang pernah terjadi di pusat atau unit, dapat segera diselesaikan.


Agar solusi dari masalah yang timbul tersebut dapat teratasi dengan baik, maka dibuatkanlah suatu perangkat lunak dengan basis data yang sudah terkomputerisasi dengan yang akan mempermudah pemrosesan pertukaran data antara pusat dan unit.


Perangkat lunak yang telah dibuat ini memiliki keunggulan seperti proses pencatatan informasi yang berbasis client-server, dengan fitur pencarian data yang cepat berdasarkan kolom data yang ditampilkan, menampilkan statistik laporan dengan grafik per tahun maupun per bulan, dan memiliki keamanan terhadap data informasi gangguan maupun solusi seperti otorisasi data dalam hak akses penggunaan perangkat lunak di pusat dan tiap unit, auto refresh page, backup maupun recovery data.