Abstrak

Helpdesk merupakan sebuah titik pusat dimana masalah yang dialami pengguna dilaporkan dan dikelola oleh bagian atau departemen secara terurut dan terkoordinasi. Menurut pandangan umum, helpdesk merupakan bagian pelengkap dari sebuah fungsi pelayanan, dan bertanggung jawab sebagai sumber dari pemecahan masalah. Di PT. Meprofarm, helpdesk yang berjalan saat ini yaitu menggunakan media line telepon yang dilaporkan karyawan yang mengalami permasalahan. Dari sekian masalah yang masuk, PT. Meprofarm menerima semua permasalahan yang dilaporkan tanpa memberi prioritas ataupun tanda pada masalah yang masuk. Proses yang tidak teratur ini tentunya mengakibatkan menumpuknya masalah-masalah yang dilaporkan karyawan. Oleh karena itu, dibutuhkan perangkat lunak helpdesk ticketing untuk memudahkan proses pelaporan masalah yang dialami karyawan sehingga pihak yang menyelesaikan permasalahan dapat memberikan prioritas terhadap permasalahan dan proses pengerjaan masalah menjadi lebih teratur. Perangkat lunak helpdesk ini dibuat berbasis web agar memudahkan pengguna untuk mengaksesnya.