Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang saat ini sangat berperan penting dalam perkembangan penggunaan perangkat mobile. Salah satu pemanfaatan teknologi mobile belakangan ini terutama anak-anak lebih memanfaatkannya dalam permainan atau game. Dengan maraknya perkembangan game yang semakin pesat, banyak game yang lebih focus kepada unsur hiburan dan kesenangan semata. Masih sedikit game yang memberikan edukasi yang bermanfaat bagi perkembangan edukasi anak. Dalam hal tersebut, penulis berinisiatif untuk membuat sebuah aplikasi game edukasi yang mampu memberikan manfaat dan memberikan nilai edukatif didalamnya yang baik untuk menambah pengetahuan anak. Dalam perancangan game puzzle membutuhkan suatu algoritma pengacakan yang dapat memberikan hasil yang baik didalam pengacakannya. Algoritma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu algoritma fisher yates. Yaitu sebuah algoritma yang memanfaatkan fungsi random, sehingga nilai yang dihasilkan oleh algoritma fisher yates ini mampu memberikan hasil yang bias (hasil pengacakan oleh fisher yates sulit untuk diprediksi pola keluarannya). Untuk pembangunan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan system RUP (Rational Unified Process). Dengan perancangan berbasis objek menggunakan UML (Unified Modelling Language) dan Bahasa pemrograman yang akan dibunakan adalah Bahasa pemrograman berbasis mobile android.