Abstrak

PT. Telekomunikasi adalah perusahaan yang bergerak di bidang layanan di bidang informasi yaitu media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan layanan portal lainnya. Suatu organisasi perusahaan terdapat beberapa unit yang mendukung berjalannya kegiatan bisnis, salah satunya yaitu unit customer data management adalah unit yang menangani tentang pengelolaan data manajemen pelanggan. Menentukan bahwa data yang digunakan perusahaan dihasilkan dengan baik dibutuhkan suatu proses penilaian sehingga dalam memastikan data akan lebih akurat. Proses Audit SI pengelolaan data ini menggunakan framework COBIT 4.1 dengan domain Deliver and Support 11 mengenai manage data. Subdomain ini sesuai dengan unit organisasi yang di audit dalam hal pengelolaan data. Selain itu juga metode ini bisa menentukan sejauh mana peran IT dalam pengelolaan data menjadi satu rujukan majanemen untuk mengambil suatu keputusan. Penggunaan IT yang dijalankan sudah cukup baik dengan nilai kematangan 4,21(Manged and Measurable). Hasil audit yang dilakukan menghasilkan suatu solusi dalam bentuk rekomendasi yang ditujukan kepada perusahaan yang  digunakan sebagai acuan untuk perbaikan terhadap IT yang digunakan agar lebih baik lagi.