STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN MENGGUNAKAN BLUE OCEAN STRATEGY DAN BALANCED SCORE CARD (STUDI KASUS GEOFF MAX FOOTWEAR)
Abstrak
E-commerce bagi perusahaan merupakan langkah strategi untuk mengimbangi kebutuhan dalam persaingan bisnis. Dalam menjalankan bisnis seperti itu tidaklah mudah, semakin marak situs belanja online, menjadi gaya persaingan perusahaan dalam berkompetisi. Salah satu cara perusahaan agar mendapatkan laba bukan hanya dari segi memenangkan persaingan saja, melainkan inovasi dalam berbisnis juga kini memiliki nilai yang tinggi dalam mencapai kesuksesan suatu perusahaan. Geoff Max Footwear merupakan salah satu perusahaan yang sebaiknya keluar dari zona persaingannya dengan berinovasi. Inovasi yang diciptakan tidak hanya dari segi produk, melainkan dari segi pelayanan, dimana hal ini terkadang terlupakan atau disepelekan oleh kebanyakan perusahaan-perusahaan e-commerce saat ini. Untuk itu dibutuhkan perencanaan strategi dari sisi pelayanan yang dapat membuat inovasi baru sehingga dari segi pelayanan menjadi lebih cepat, memuaskan dan ekonomis.
Perencanaan strategis sistem informasi pada penelitian ini menggunakan analisa pendekatan Blue Ocean Strategy dan Balanced Score Card. Tujuan dari perpaduan pendekatan Blue Ocean Strategy dan Balanced Score Card adalah untuk menghasilkan suatu perencanaan strategis bagi perusahan situs belanja online yang berbeda dari layanan perusahaan situs belanja online lainnya serta biaya yang dikeluarkan layak secara ekonomis dan mampu menghasilkan keuntungan jangka panjang.