Abstrak

PT. Yamaha Indonesia Motor MFG merupakan salah satu perusahaan otomotif sepeda motorĀ  yang mempunyai jaringan dealer dan bengkel yang luas diseluruh Indonesia. Untuk mempertahankan produk yang baik danĀ  supaya konsumen loyal dan puas akan produk motor Yamaha maka pihak PT. Yamaha sebagai produsen sering mengadakan survey tentang kepuasan pelanggan dengan mengikut sertakan konsumen sebagai peserta survey agar hasil survey real dan akurat. Khusus Jawa Barat survey pertama kali dilaksanakan pada bulan April 2013, total suvey dari tahun 2013-2016 sebanyak 41 kali survey dengan mengikut sertakan responden sebanyak 4.100 orang responden. Terdapat juga beberapa masalah yang sering terjadi dalam perusahaan diantaranya sulitnya dalam pengolahan data dalam jumlah yang besar dan kemudian menyajikannya dalam laporan dengan cepat dan akurat. Namun terdapat juga solusi permasalahannya yaitu mempermudah konsumen dalam mengisikan data survey. Mempermudah staff dalam menyajikan pembuatan laporan secara cepat, tepat dan akurat dengan menggunakan metode Online Analytical Processing (OLAP) bagi pihak yang memerlukan sehingga dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan. Dapat disimpulkan bahwa pengguna menjadi lebih cepat dalam mengisikan data survey sehingga mengefektifkan waktu yang digunakan. Dapat menjadi lebih mudah dalam menyajikan pembuatan laporan secara cepat, tepat dan akurat bagi pihak yang memerlukan sehingga dapat digunakan untuk proses pengambilan keputusan.