Abstrak

Pokok bahasan dalam skripsi minor ini dititik beratkan pada sistem informasi akuntansi penjualan kredit atas jasa perbaikan kendaraan menggunakan klaim asuransi yang diterapakan pada bagian body repair di PT Sumber Trada Mobilindo Bandung. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi yaitu keterlambatan dalam memproses data yang disebabkan karena proses pencatatan penjualan masih menggunakan kertas kerja sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam penyajian data dan informasi bagi pihak terkait. Waktu pengerjaan yang lama dapat menimbulkan efek pelayanan yang kurang baik terhadap pelanggan dan terlambatnya pengiriman data-data kepada pihak asuransi. Sehingga penerimaan piutang pun menjadi terlambat. Selain itu dapat menimbulkan kesalahan informasi karena sistem informasi belum terintegrasi.


Berdasarkan analisis dari kendala yang ada pada bagian body repair, penulis mengusulkan akan membangun sebuah aplikasi berbasis database menggunakan Microsoft Office Access 2013 yang dapat menangani seluruh data transaksi penjualan kredit atas jasa perbaikan kendaraan menggunakan klaim asuransi secara cepat dan menghasilkan informasi yang akurat. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan metode prototyping, sedangkan alat yang digunakan dalam analisa perancangan sistem adalah Flowmap, Diagram Context, Data Flow Diagram, Kamus Data dan Relasi Tabel, sedangkan implementasi dari perancangan sistem adalah bahasa pemrograman Visual Basic for Aplication (VBA) dengan menggunakan Microsoft Access 2013 sebagai database.


Aplikasi Penjualan Kredit Atas Jasa Perbaikan Kendaraan Menggunakan Klaim Asuransi pada Bagian Body Repair di PT Sumber Trada Mobilindo Bandung dibuat untuk kelancaran transaksi penjualan kredit atas jasa perbaikan kendaraan menggunakan klaim asuransi dan membuat program aplikasi untuk menghasilkan laporan yang diperlukan dengan cepat dan mudah.