Abstrak

Claim merupakan suatu kegiatan permintaan atau pemberitahuan atas hak seseorang kepada perusahaan untuk meminta penggantian atas haknya. Didalam memutuskan suatu kegiatan claim dibutuhkan ketelitian dan pengambilan keputusan yang cepat, tepat dan akurat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem yang efektif dan efisien yang dapat memberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan claim terutama dalam melakukan pengambilan keputusan. PT Daya Adicipta Mustika merupakan main dealer utama sepeda motor Honda di wilayah jawa barat, yang membagi kegiatan utama bisnisnya menjadi tiga bagian utama salah satunya pemeliharan suku cadang.


Metodologi yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan ini menggunakan metodologi prototipe yang disesuaikan dengan kebutuhan penulis dan pengumpulan data, selanjutnya melakukan perancangan sesuai kebutuhan pengguna yang diimplemetasikan dengan menggunakan Vb.Net dan menggunakan database SQL SERVER dengan demikian proses pengambilan keputusan ini diharapkan akan lebih cepat, akurat dan lebih mudah digunakan.


Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah agar dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pemngambilan keputusan, pencarian data, serta pembuatan laporan yang lebih akurat dan cepat dengan menggunakan aplikasi ini.