Abstrak

Jantung merupakan organ yang sangat vital bagi manusia. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Dapat dibayangkan darah menjadi sarana transportasi yang menghantarkan sari makanan ke seluruh organ tubuh, berikut juga dengan oksigen. Jadi ketika fungsi jantung menjadi terganggu seperti munculnya ciri-ciri penyakit jantung, sudah bisa dibayangkan bagaimana tubuh kita akan bekerja secara maksimal.


Banyak orang yang belum tahu apa ciri ciri dan penyebab penyakit jantung. Untuk permasalahan ini peneliti merancang sebuah sistem pakar yang dapat memandu masyarakat awam tanpa harus mengunjungi seorang dokter/pakarnya. Penelitian ini di lakukan dengan tujuan masyarakat umum dapat mengetahui secara garis besar mengenai jantung dan kesehatannya, serta gejala gejala penyakit seputar jantung, di sisi lain bisa menghemat waktu dan efesiensi biaya. Sistem pakar ini merupakan penerapan dari hasil analisis ke masyarakat mengenai penyebab dan gejala sakit jantung yang sering terjadi.


Sistem pakar ini dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Css Framework sebagai web editor dan MYSQL sebagai tempat untuk membuat dan menyimpan database servernya sedangkan metode yang di gunakan adalah Runut maju (Forward Chaining), dengan menggunakan metode ini pengguna dapat memberitahukan keluhan /gejala penyakit jantung ke sistem dengan metode Forward Chaining kemudian sistem akan memastikan gejala-gejala penyakit seputar jantung yang dialami pengguna sistem diantara beberapa kemungkinan gejala yang terjadi pada jantung yang dipilih oleh user berdasarkan gejala yang terjadi sampai sistem menemukan solusinya.