Abstrak

Balai Kesehatan Mata Masyarakat Cikampek merupakan Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kesehatan RI yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan mata. Tingginya kunjungan masyarakat untuk berobat ke BKMM Cikampek terkait dengan pelayanan kesehatan mata, berdampak kepada sistem layanan antrian di bagian pendaftaran menjadi panjang. Sulitnya pengendalian jumlah kunjungan pasien ke BKMM Cikampek setiap harinya sering menimbulkan terjadinya jumlah pasien yang melebihi kuota pelayanan mengingat keterbatasan jumlah dokter dan keterbatasan jadwal praktek dokter di BKMM Cikampek. Calon pasien yang akan berobat ke BKMM Cikampek rata-rata berasal dari lingkungan setempat maupun yang berasal dari daerah atau luar kota seperti Purwakarta, Subang, Indramayu, Bekasi, Jakarta. Dengan keterbatasan sistem antrian yang konvensional menyebabkan adanya keterbatasan waktu bagi pasien karena pasien harus terlebih dahulu datang ke BKMM Cikampek untuk mendapatkan nomor antrian pelayanan. Dengan dibangunnya Aplikasi Sistem Pendaftaran Pasien dengan teknologi perangkat bergerak di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Cikampek Kementerian Kesehatan RI, ini diharapkan dapat menjadi solusi serta dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang akan mendaftarkan diri sebagai pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mata secara online dan tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.