Abstrak

PT. POS Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman baik pengiriman barang maupun pengiriman surat atau dokumen. Dengan mempunyai visi penyedia jasa pos bernilai tinggi dengan daya saing global. Dalam menjalankan proses bisnisnya sudah cukup baik namun masih belum memuaskan seperti pelayanan pengiriman barang dan surat yang terkadang tidak tepat waktu dan tidak sampai ke alamat tujuan. Atas dasar kondisi tersebut, maka dalam penelitian teknik analisis data yang digunakan adalah metode Ward and Peppard. Dalam analisis ini juga menggunakan beberapa tools yang terdapat di metode Ward and Peppard diantaranya dengan analisis SWOT, analisis Balanced Scorecard (BSC), analisis PEST, dan analisis Critical Success Factor (CSF). Dengan menganalisis data lingkungan internal maupun eksternal yang ada didalam beberapa tools tersebut. Penerapan Ward and Peppard di dalam analisis ini sebagai metode untuk mengetahui analisis yang sedang berjalan maupun analisis yang diharapkan untuk memajukan dan akan lebih efektif dalam jasa pengiriman di PT. POS Indonesia MPC Bandung. Dengan adanya analisis tersebut dapatlah diketahui kekuatan maupun kelemahan pada proses bisnis di PT POS Indonesia MPC Bandung agar dapat mengambil keputusan untuk mencapai strategis bisnis perusahaan.