Abstrak

Manajemen kapasitas adalah serangkaian proses-proses yang bertanggungjawab dalam memastikan kapasitas layanan TI, menyediakan target tingkat layanan yang telah disepakati, biaya yang efektif dan tepat waktu. Manajemen kapasitas layanan adalah kegiatan yang bertanggungjawab untuk memahami kinerja dan kapasitas dari layanan TI, dimana pola penggunaan dari waktu ke waktu dikumpulkan, direkam dan di analisis untuk digunakan dalam rencana kapasitas yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis jangka pendek, menengah dan panjang.


Framework IT-IL adalah sebuah kerangka best practice untuk memanage layanan-layanan TI yang terintegrasi dan berbasiskan proses, serta memberikan deskripsi detil tentang beberapa praktik TI penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh, lebih menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh TI.


Mengoptimalkan Implementasi Manajemen Kapasitas Layanan dengan frameworkIT-IL Dalam Penyusunan Rencana Infrastruktur TI yang sesuai dengan kebutuhan saat ini dan yang akan datang, adalah memastikan Penyusunan Rencana Infrastruktur TI yang disepakati dapat diukur dan dicapai, serta memastikan bahwa gangguan dan permasalahan yang terkait dengan Penyusunan Rencana Infrastruktur TI Pada Puskom PTS di Jabar Dan Banten dapat diatasi dengan baik.