Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana cara melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia dan meningkatkan penggunaan Teknologi Informasi untuk menunjang kinerja karyawan Pusat Penelitian dan Pegembangan Sumber Daya Air Bandung (PUSAIR), dalam hal menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Pengembangan Aplikasi Database Program yang mampu melakukan pengelolaan data kegiatan, data output, dan data anggaran.


Metode Pengembangan Aplikasi Database Program yang peneliti gunakan adalah metode prototyping dengan tahapan: pengumpulan kebutuhan, perancangan, dan evaluasi prototype. Metode ini sering digunakan pada dunia rill. Karena metode ini secara keseluruhan akan mengacu kepada kepuasan user. Dapat dikatakan bahwa metode ini adalah metode waterfall yang dilakukan secara berulang-ulang.


Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa Penerapan Teknologi Informasi tepat guna yang mampu melakukan pengelolaan data kegiatan, data output, dan data anggaran, sesuai dengan kebutuhan Aplikasi Database Program pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air Bandung.