Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah pentingnya bagian kepegawaian dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan absensi pegawai dalam membuat laporan kepada pemerintahan agar kualitas kinerja pegawai dapat terlihat. Pokok Bahasan difokuskan kepada pelaksanaan administrasi laporan absensi pegawai yang dimulai dari membuat rekap absen dampai dengan laporan rekapitulasi absensi pegawai bulanan untuk diberikan kepada Sub Bagian Umum dan Kepegawaian serta kepala dinas BPMPPKB. Hasil analisis penelitian ini terdapat persamaan yaitu dalam teori dan pelaksanaan Bagian Administrasi absensi sama-sama mencetak lembar daftar hadir absensi. Hal ini berdampak positif bagi pemerintahan karena catatan merupakan media penyimpanan data yang dapat diolah menjadi informasi bagi kebutuhan pemerintahan. Sedangkan perbedaannya adalah Dalam teori menggunakan Aplikasi Microsoft Access 2007 sedangkan dalam pelaksanaan menggunakan Aplikasi Microsoft excell 2007 tetapi masih menggunakan absensi secara manual. Hal ini berdampak negatif karena apabila proses tersebut dilakukan secara manual akan memakan waktu yang lama dan tidak efisien dalam pengerjaan tugasnya. Secara keseluruhan prosedur administrasi laporan Absensi Pegawai Pada Bagian Kepegawaian di Pemerintah Kota Cimahi dapat disimpulkan telah berjalan dengan baik.