http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jdab/issue/feed Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis 2023-12-15T02:03:03+00:00 Muhtarudin muhtar@lpkia.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Digitalisasi Administrasi Bisnis (JDAB),&nbsp; diterbitkan oleh Program Studi&nbsp; Administrasi Bisnis, Institut Digital Ekonomi. Publikasi ini memuat berbagai tulisan ilmiah berupa hasil penelitian, kajian teoritis dan konseptual, aplikasi praktis dari kalangan akademisi dan praktisi bisnis. Kami menyambut kontribusi baru, inovatif, dan terobosan, fokus karya penulis harus pada penanganan masalah Administrasi Bisnis.</p> <p>&nbsp;</p> http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jdab/article/view/479 PENGARUH E-PROMOSI PADA PLATFORM DIGITAL KULINER TERHADAP PENJUALAN DI RESTO AYAM BAKAR BUMBU DESA 2023-12-15T02:01:15+00:00 Bertha Musty berthamusty@lpkia.ac.id Ema Meilani emameliani33@gmail.com Adil Musty Tamzil adil.tamzil@lpkia.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak dari strategi e-promosi dalam platform digital kuliner terhadap peningkatan penjualan di Resto Ayam Bakar Bumbu Desa. Melalui pendekatan penelitian kuantitatif, studi ini akan menganalisis data penjualan sebelum dan setelah penerapan kampanye e-promosi untuk mengukur perubahan yang terjadi. Metode survei dan analisis data statistik akan digunakan untuk mengevaluasi efektivitas kampanye promosi dalam meningkatkan jumlah pelanggan, frekuensi kunjungan, serta volume penjualan. Penelitian ini juga akan mempertimbangkan pandangan pelanggan melalui kuesioner untuk memahami persepsi mereka terhadap kampanye e-promosi yang dilakukan oleh Resto Ayam Bakar Bumbu Desa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang efektivitas strategi e-promosi di platform digital kuliner terhadap penjualan restoran. Implikasi dari temuan ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pemilik usaha kuliner dalam mengoptimalkan promosi online untuk meningkatkan daya tarik dan penjualan produk mereka di tengah persaingan pasar yang semakin ketat dalam industri makanan dan minuman.</p> 2023-12-15T01:58:22+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jdab/article/view/476 P PENGARUH ABSENSI ELEKTRONIK TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN BAGIAN COLLECTION DI DEVELOPMENT BANK OF SINGAPORE INDONESIA 2023-12-15T02:01:37+00:00 Tini Martini niemartini@lpkia.ac.id <p>Penelitian ini menggambarkan pengaruh penggunaan sistem absensi elektronik terhadap disiplin kerja karyawan di Bank DBS Indonesia. Dalam konteks perbankan, dijelaskan bahwa kedisiplinan kerja merupakan unsur penting dalam menjaga produktivitas dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perbankan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem absensi elektronik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja karyawan berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan. Hasil uji F menunjukkan nilai signifikan (0,016) lebih kecil dari 0,05, dan nilai F yang dihitung (6.516) melebihi nilai tabel F (4.183). Selain itu, hasil uji t juga menunjukkan nilai t yang signifikan untuk absensi elektronik (X) sebesar 7.578 dibandingkan dengan nilai tabel t sebesar 1.692, dengan melibatkan 31 responden dan tingkat signifikansi α=0,05. Temuan ini mendukung hipotesis bahwa absensi elektronik berpengaruh positif terhadap disiplin kerja.</p> <p>Absensi elektronik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap disiplin kerja dalam konteks penelitian ini. Oleh karena itu, perusahaan atau organisasi dapat mempertimbangkan tindakan atau strategi untuk mengelola dan memantau absensi elektronik karyawan dengan lebih baik, dengan tujuan meningkatkan tingkat disiplin kerja.</p> 2023-12-15T01:58:50+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jdab/article/view/458 PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN 2023-12-15T02:01:56+00:00 Tuti Sulastri tutis@lpkia.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis 1) pengaruh gaya kepemimpinan transformational yang terdiri dari karisma, Motivasi Inspiratif, Stimulasi Intelektual, pertimbangan individu, 2) Kinerja Karyawan yang terdiri dari Hasil kerja, pengetahuan&nbsp;&nbsp; pekerjaan, inisiatif, sikap, disiplin waktu dan disiplin&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; di Klinik Akupunktur dr. Felesia Fanty Bandung.</p> <p>Sampel penelitian berjumlah 12 orang, karena jumlah populasi tidak banyak maka digunakan teknik sample jenuh (sensus), dimana. seluruh populasi. digunakan sebagai <em>sample.</em></p> <p>Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa: Gaya Kepemimpinan. Transformasional berpengaruh signifikan. terhadap Kinerja. Karyawan, karena pada pengujian hipotesis menunjukkan hasil signifikan dengan nilai t <sub>hitung </sub>2,784 &gt; t <sub>tabel </sub>2,228. Gaya Kepemimpinan Tranformasional memberi kontribusi kepada Kinerja Karyawan sebesar 66,10% berdasarkan uji korelasi, 43,70% berdasarkan koefisien determinasi dan sisanya dipegaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional mempengaruhi kinerja karyawan secara positif baik secara langsung maupun tidak langsung.</p> 2023-12-15T01:59:11+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jdab/article/view/453 ANALISIS KEBUTUHAN PEGAWAI PADA SUBBAGIAN HUKUM DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA BANDUNG 2023-12-15T02:02:17+00:00 Rahayu Sri Purnami rsripurnami@gmail.com <p>Analisis kebutuhan pegawai dilakukan untuk mengetahui jumlah pegawai yang dibutuhkan di suatu organisasi. Tujuan dilakukannya analisis kebutuhan pegawai di lingkup pemerintah untuk mewujudkan jumlah dan kualitas pegawai sesuai dengan kebutuhan organisasi negara serta untuk menjamin distribusi pegawai yang proporsional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis kebutuhan pegawai yang dilakukan pada Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung dan penerapan prasyarat kebutuhan pegawai berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, hal ini penting karena jika analisis kebutuhan pegawai dilakukan sesuai dengan prasyarat kebutuhan pegawai maka dapat diketahui secara riil kebutuhan pegawai suatu organisasi. Alasan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran analisis kebutuhan pegawai di suatu instansi pemerintah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu pada Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia di Komisi Pemilihan Umum Kota Bandung saat ini Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia mengalami kekurangan pegawai hal ini berdampak dengan bertambahnya beban kerja. Hal baru dari analisis yang diusulkan bahwa untuk analisis kebutuhan pegawai sebaiknya perlu dilakukan berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja, agar jumlah pegawai di Subbagian Hukum dan Sumber Daya Manusia sesuai dengan yang dibutuhkan.</p> 2023-12-15T01:59:57+00:00 ##submission.copyrightStatement## http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jdab/article/view/468 KINERJA KARYAWAN DALAM KEGIATAN ADMINISTRASI PADA BAGIAN FINANCE SERVICE DI PT.TELKOM INDONESIA 2023-12-15T02:02:40+00:00 Tengku Ine Hendriana tengkuine@lpkia.ac.id Rini Ratnaningsih rini_ratnaningsih@lpkia.ac.id Ervie Nur Afifa Muklis ervie@lpkia.ac.id Syaepudin Oe syaepudin.2019@gmail.com Danar Wirayuda danarwirayuda03@gmail.com <ol> <li>Telkom Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di Kota Bandung memberikan layanan teknologi informasi dan komunikasi atau yang sering disebut juga dengan istilah (TIK), bergerak dalam bidang keuangan atau Bagian <em>Finance Service </em>Bagian ini memiliki tugas untuk memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen, melakukan kegiatan untuk posting SAP dan <em>Finest</em>, menerbitkan surat perintah bayar (SPB), memproses gaji karyawan dan memproses biaya perjalanan (SPPD Online). Dalam penyusunan Penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan jenis Deskriptif analisis. Metode tersebut merupakan salah satu metode yang dalam penelitiannya menggunakan data yang telah dikumpulkan dalam bentuk uraian (deskripsi). Hal baru yang didapatkan melalui analisis diusulkan untuk menambah Sumber Daya Manusia atau memperkecil <em>Jobdesk </em>karyawan agar tidak terjadi keterlambatan pada saat pengecekan kelengkapan dan kebenaran dokumen agar nantinya tidak berdampak pada jam kerja karyawan.</li> </ol> 2023-12-15T02:00:17+00:00 ##submission.copyrightStatement##