ANALISIS DIFERENSIASI PRODUK SEPATU TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT MULTI GARMEN JAYA
ANALISIS DIFERENSIASI PRODUK SEPATU TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT MULTI GARMEN JAYA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi diferensiasi produk sepatu sneakers merek Cardinal terhadap volume penjualan di PT Multi Garmen Jaya. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi literasi dan studi dokumenter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk yang diterapkan oleh PT Multi Garmen Jaya, seperti inovasi dalam desain dan penggunaan bahan kanvas berkualitas tinggi, telah berhasil meningkatkan volume penjualan sepatu sneakers merek Cardinal. Analisis data menunjukkan peningkatan penjualan yang signifikan dari 458 pasang pada tahun 2021 menjadi 1.817 pasang pada tahun 2023.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi produk tidak hanya menciptakan keunikan dan daya tarik tersendiri bagi produk sepatu merek Cardinal, melainkan juga dapat meningkatkan daya saing dan pangsa pasar perusahaan. Strategi ini terbukti efektif dalam upaya meningkatkan volume penjualan, karena dengan strategi ini PT Multi Garmen Jaya dapat meningkatkan volume penjualan sepatu senakers sehingga terjadi peningkatan yang sangat signifikan.