P PROSEDUR PEMBERKASAN NASKAH DINAS MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI DOKUMEN ELEKTRONIK JAWA BARAT (SIDEBAR) DI BADAN PENDAPATAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT
Abstrak
Permasalahan yang sering muncul pada Bagian Tata Usaha Sekretariat adalah mengalami penumpukan file-file naskah dinas yang harus di berkaskan menggunakan aplikasi SIDEBAR, karena Bagian Tata Usaha mengalami kebingungan dengan adanya alur birokrasi yang terlalu berbelit-belit saat menggunakan aplikasi SIDEBAR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Prosedur Pemberkasan Naskah Dinas Menggunakan Aplikasi SIDEBAR. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis. Subjek penelitian ini adalah prosedur pemberkasan, naskah dinas dan aplikasi SIDEBAR. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, studi Pustaka dan studi documenter. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan aplikasi SIDEBAR ini meliputi penerimaan, pencatatan, mengagendakan, pengarahan dan penerusan, penggandaan dan penyimpaanan berkas. Berdasarkan hasil penelitian solusi yang disarankan adalah memberikan pelatihan teknis dan pendampingan untuk pegawai sehingga memahami mengerti dan mudah saat pemberkasan naskah dinas menggunakan aplikasi SIDEBAR.