PROSEDUR ADMINISTRASI PEMBUKAAN REKENING PERORANGAN DI BAGIAN CUSTOMER SERVICE BANK BJB SYARIAH KCP MOHAMMAD TOHA
Abstrak
Demi kelancaran berbagai kegiatan operasional, maka data yang lengkap dan mudah dicari merupakan salah satu faktor yang terpenting. Data nasabah yang dikumpulkan oleh Bagian Customer Service di Bank Jabar Banten (BJB) Syariah KCP Mohammad Toha Bandung juga sangat penting dalam melaksanakan proses layanan nasabah yang baik bahkan dalam memperlancar proses audit yang dilaksanakan oleh pihak internal maupun eksternal. Pengumpulan dan penyimpanan data nasabah ini dilakukan pada saat dilakukannya prosedur administrasi pembukaan rekening oleh karyawan Bagian Customer Service tersebut. Akan tetapi, pada beberapa kesempatan ternyata didapati masih adanya data nasabah yang tidak lengkap walaupun waktu sudah berjalan sekian lama semenjak seorang nasabah tertentu terdaftar sebagai nasabah, sehingga karyawan Customer Service harus menghubungi para nasabah dan meminta mereka melengkapi data yang kurang. Hal ini menimbulkan masalah baru, yaitu timbulnya pertanyaan bahkan rasa kurang percaya nasabah yang bertanya-tanya mengapa setelah sekian lama menjadi nasabah, tiba-tiba diminta data lagi. Penelitian ini dilakukan menggunakan metoda deskriptif analisis untuk meneliti, menjabarkan dan menemukan penyebab tidak lengkapnya data nasabah yang dikumpulkan Bagian Customer Servis bank termaksud, dan memberikan saran-saran yang dapat dipertimbangkan oleh para pimpinan bank tersebut untuk dapat memperoleh data nasabah yang lengkap di kemudian hari.