Abstrak

Pentingnya kredit konsumer bagi calon nasabah yaitu tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif-nya saja. Namun, juga dapat digunakan untuk kebutuhan produktif seperti memulai bisnis atau menambah inventaris. Saat ini, kredit telah menjadi solusi masyarakat terhadap berbagai permasalahan keuangan. Selain itu, potensi kredit konsumer untuk meningkatkan daya guna uang, peredaran uang, dan stabilitas ekonomi menjadikannya penting bagi bank. Mengetahui strategi pemasaran produk kredit konsumer di kantor cabang Banten Buah Batu dan PT Bank Pembangunan Daaerah Jawa Barat merupakan tujuan dari penelitian ini. Metodologi penelitian kualitatif digunakan, dan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan tinjauan literatur adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Bank BJB Kantor Cabang Buah Batu menggunakan bauran pemasaran - yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi - untuk menjual produk kreditnya. Komponen promosi dari bauran pemasaran 4P adalah yang terbaik karena kredit konsumer meningkat 10,8% menjadi 116,45 triliun rupiah, atau 5,8%, dari tahun ke tahun. mengimbangi kebijakan suku bunga acuan yang terus meningkat untuk mengantisipasi tekanan inflasi saat ini.