Abstrak

Prosedur audit kas terhadap pengendalian internal diperlukan dalam perusahaan agar tidak terjadi penyalahgunaan terkait uang kas dan pengendalian internal yang baik. Dalam perusahaan dilakukan pemeriksaan audit atas akun kas oleh auditor internal. Auditor internal diperlukan dalam perusahan agar bisa membantu manajemen dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.


Audit kas telah sesuai dengan prosedur pelaksanaan audit Satuan Pengawas Intern (SPI) Nomor QMS3- EVL06-002 Edisi 6 yang telah ditetapkan oleh perusahaan dengan melalui tahap-tahap audit dan sejalan dengan teori yang bersumber dari buku Sukrisno Agoes.


Pengendalian internal dalam perusahaan telah sesuai dengan telah dilakukannya semua unsur pengendalian internal struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat, dan karyawan yang kinerjanya sesuai dengan tanggung jawabnya.


Hubungan prosedur audit kas dengan pengendalian internal merupakan aktivitas yang saling mendukung dan melengkapi. Untuk aktivitas prosedur audit kas secara keseluruhan dilakukan oleh Satuan Pengawas Intern (SPI) dan pengendalian internal yang dilakukan sudah sejalan dengan tujuan perusahaan.