Abstrak

ABSTRAK


PT.Karya Kita adalah jenis perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) yang bergerak dibidang percetakan. Perusahaan ini merupakan salah satu anak perusahaan dari lingkungan syaifullah Sirin Group. Dalam kegiatannya perusahaan ini menerima proyek percetakan buku pelajaran dari dalam Syifullah Sirin Group dan dari luar Group. Transaksi yang sering dilakukan dalam perusahaan ini adalah transaksi penjualan kredit.


Hasil analisis dalam pembahasan skripsi minor ini adalah sistem informasi akuntansi penjualan kredit hasil percetakan buku pelajaran di PT.Karya Kita Bandung. Tujuannya adalah untuk membangun aplikasi yang berbasis komputer menggunakan Microsoft Access 2013 yang dapat menangani seluruh data trnasaksi penjualan kredit hasil percetakan buku pelajaran, meampilkan jurnal, serta dapat menghasilkan laporan penjualan kredit per periode dan laporan daftar piutang per periode.


Berdasarkan hasil analisis dan observasi menunjukkan bahwa adanya kendala dalam proses pencatatan transaksi penjualan kredit di PT.Karya Kita. Proses pencatatan transaksi penjualan kredit masih belum optimal dari proses pembuatan faktur penjualan dan kuitansi penagihan sehingga pencatatan transaksi menjadi lebih lama yang mengakibatkan proses pembuatan laporan menjadi terhambat dan penyampaian informasi mengenai laporan penjualan kredit menjadi tidak tepat waktu.